Sabtu, 03 April 2010

Meningkatkan daya beli masyarakat (koperasi)

Meningkatkan Daya Beli Masyarakat Melalui Program Kredit Usaha Rakyat


Pembahasan

Perkoperasian khususnya didaerah, masih bisa dibilang kalah maju dengan usaha sejenisnya, taruhlah koperasi dagang / koperasi desa yang menjual berbagai jenis keperluan sembako, karena system pengelolaan yang kurang memadai dalam hal manajemen system dan jaringan serta tingkat SDM pengelolanya, sudah bisa dibayangkan akan jauh ketinggalan dengan usaha waralaba semisal mini market yang telah mengadopsi atau memiliki basis system dan jaringan teknologi maju yang didukung dengan fasilitas dan sarana prasarana pembayaran yang sudah bisa menggunakan M-banking, masyarakat yang ada sekarang cenderung lebih mengaharapkan kenyamanan dan keamanan berbelanja.

karena koperasi yang ada sekarang ini dinilai masih belum optimal,khususnya koperasi dagang atau usaha, sehingga perlu dipacu dan dikembangkan keberadaannya, terutama menyangkut perbaikan kualitas dan jaringan usaha secara menyeluruh.

Jika perbaikan koperasi bisa berjalan maka pertumbuhan koperasi itu sendiri juga harus diperhatikan,terutama tingkat pertumbuhannya, khususnya koperasi simpan pinjam (KSP) yang di nilai lebih berorientasi konsumtif. dana anggota koperasi yang beredar akan lebih banyak digunakan bagi keperluan yang bersifat konsumtif. Ini kurang sehat bagi pertumbuhan ekonomi rakyat, khususnya masyarakat di pelosok pedesaan yang dinilai masih kurang dalam tingkat pengolahan SDM-nya yang berdampak pada perputaran modal usaha yang lambat.

Perkembangan koperasi agar lebih ditujukan kepada koperasi yang berbasis produsen yang berorientasi pada pasar. Itupun harus didukung dengan pengelolaan manajemen dan kualitas SDM yang mumpuni atau memadai. Karena koperasi yang berkembang akan memberikan multiplier efek yang besar sehingga akan melibatkan banyak tenaga kerja. Dengan demikian pergerakan ekonomi rakyat dapat tumbuh lebih sehat dan kuat karena disini terjadi yang namanya proses produksi dan pemasaran yang terus berkelanjutan.

Permasalahan lain yang mungkin akan timbul adalah bagaimana meningkatkan asset dan modal usaha yang berputar serta peningkatan kualitas manajemen dan sumber daya manusianya yang dilakukan secara simultan atau secara bertahap.

Pemerintah telah Memberikan salah satu Alternatif guna mendapatkan modal usaha melalui Bank atau badan Keuangan Pemerintah dengan Program Kredit Usaha Rakyat. Rakyat atau badan organisasi perorangan dapat dengan mudah mengajukan pinjaman kepada bank pemerintah yang telah diberi ijin guna memberikan modal usah atau kredit usaha rakyat dengan kemudahan dan suku bunga yang rendah .

Ini merupakan Salah satu cara atau peluang mendapatkan modal usaha yang bisa dilakukan, untuk mewujudkan itu adalah dengan membangun kerjasama antar koperasi dan dengan badan pemerintah termasuk dalam hal usaha memperluas jaringan usaha. Cara ini bisa dilakukan terutama pada koperasi yang memiliki usaha sejenis dan badan pemerintah pun harus mempunyai badan yang mengurusi usahayan terfokus.

Diharapkan dengan cara ini bisa menjadi langkah lanjut upaya memperkuat keberadaan atau eksistensi koperasi itu sendiri dalam hal ini termasuk meningkatkan daya beli atau pertumbuhan ekonomi daerah. Karena dengan memiliki daya tawar yang lebih besar diharapkan bisa dapat mengurangi resiko kerugian atau terjadinya persaingan yang saling menjatuhkan. Seandainya cara itu dapat direalisasikan bukan tidak mungkin koperasi yang dikelola akan menjadi koperasi yang makin kuat dan sehat.

Dunia bisnis di Indonesia terus menggeliat, seolah tidak menghiraukan situasi politik dan peristiwa kasus century yang pernah hangat diperbincangkan kalangan elit politik maupun masyarakat awam. Untuk itu bagi para pelaku bisnis menyusun strategi yang handal sangat diperlukan.
¹ “Menurut simon jonatan, seorang konsultan marketing, dalam acara founder’s day di ciputra world Jakarta, untuk memenangi pasar dalam dunia yang terus berubah setidaknya ada empat kunci sukses. Keempat kunci tersebut adalah :

• awareness
yang termasuk dalam point ini adalah iklan yang gencar untuk membangkitkan kesadaran terhadap produk yang dimaksud bagi konsumen.

• attractiveness
apakah produk yang kita tawarkan menarik ?.harus ada sesuatu yang berbeda atau unik dibandingkan produk lain yang ditawarkan kompetitor.

• availability
apakah produk juga dilengkapi prasarana atau ketersediaan yang menunjang. misalnya produk rumah yang dilengkapi dengan akses yang mudah dan strategis

• affordability
untuk menarik konsumen, penjualan produk disertai dengan berbagai macam diskon atau potongan harga maupun kredit ringan .”
( ¹ dikutip dari majalah nuansa persada edisi Okt’ 2009 )

Ketika krisis ekonomi melanda bangsa ini, dimana industri besar belum stabil, maka koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu alternative untuk menekan keterpurukan ekonomi yang lebih dalam. Karena sector tersebut bisa menciptakan lapangan kerja baru serta pemerataan pendapatan bagi masyarakat. Oleh sebab itu , dari sector koperasi dan UMKM harus di tingkatkan. Dengan bantuan kredit usaha rakyat diharapkan perekonomian rakyat bisa mengalami pertumbuhan dan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat

Dengan bantuan program kredit usaha rakyat bukan hal yang tidak mungkin penghidupan atau taraf hidup rakyat sekitar khususnya anggota koperasi bisa memperluas usahanya dan bisa terus berkembang.

Dengan selalu diberi arahan dan bimbingan dari aparat pemerintah diharapkan rakyat bisa lebih optimal dalam membangun usaha dan membangun perekonomian daerahnya.

Yang tidak kalah pentingnya dibina yaitu Kerjasama antar anggota maupun anggota masyarakat dengan pemerintah, sikap yang harus dimiliki kelompok koperasi untuk mencapai cita-cita bersama. Dalam kerjasama setiap individu harus menjauhkan diri dari sikap saling jegal atau merugikan satu sama lain.

Kerjasama diperlukan untuk mengorganisasi potensi yang dimiliki suatu kelompok. Pengertian satu sama lain untuk meraih tujuan bersama sangat, sehingga pada satu titik diperlukan pengorbanan dari salah satu anggota kelompok.




KESIMPULAN

Program Kredit usaha Rakyat harus tepat sasaran, yaitu anggota masyarakat yang mepunyai potensi dan mempunyai peluang skill usaha tetapi tidak mempunyai modal usaha yang memadai.

Dengan keringanan suku bunga yang diberikan diharapkan anggota masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan peluang untuk mendapatkan penghidupan yang layak.

Dalam memberikan kredit usaha rakyat pemerintah harus mendukung penuh guna membangun pertumbuhan daya beli masyarakat, dengan kata lain daaerah – daerah yang memiliki pontensi usaha dan bisnis harus didukung penuh , misal dalam suatu daerah memiliki potensi pariwisata alam, pemerintah harus lebih sigap langkah-langkah apa yang selanjutnya di lakukan . bukan hanya memberi bantuan modal saja tapi harus pula memfasilitasi .


Empat kunci sukses. Keempat kunci tersebut adalah :

• awareness
yang termasuk dalam point ini adalah iklan yang gencar untuk membangkitkan kesadaran terhadap produk yang dimaksud bagi konsumen.

• attractiveness
apakah produk yang kita tawarkan menarik ?.harus ada sesuatu yang berbeda atau unik dibandingkan produk lain yang ditawarkan kompetitor.

• availability
apakah produk juga dilengkapi prasarana atau ketersediaan yang menunjang. misalnya produk rumah yang dilengkapi dengan akses yang mudah dan strategis

• affordability
untuk menarik konsumen, penjualan produk disertai dengan berbagai macam diskon atau potongan harga maupun kredit ringan .”

Yang tidak kalah pentingnya dibina yaitu Kerjasama antar anggota maupun anggota masyarakat dengan pemerintah, sikap yang harus dimiliki kelompok koperasi untuk mencapai cita-cita bersama. Dalam kerjasama setiap individu harus menjauhkan diri dari sikap saling jegal atau merugikan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar